Sabtu, 04 Februari 2023

PROOFREADING SEBELUM MENERBITKAN TULISAN


 Gelombang                        :   28
Pertemuan ke                      :   12
Hari Tanggal                       :   Jumat, 3 Februari 2023
Tema                                   :   Proffreading Sebelum Menerbitkan tulisan
Narasumber                        :   Susanto, S.Pd
Moderator                           :    Helwiyah, S.Pd.M.M

Typo atau salah ketik tak lepas dari dunia tulis menulis. Kesalahan itu kita ketahui tidak serta merta begitu selesai kita menulis. Bisa langsung, beberapa saat kemudian atau malah membutuhkan waktu yang agak lama untuk kit amengetahui kesalahan tersebut. Mengatasi hal tersebut terutama dalam tulisan yag akan dipublish maka langkah terbaik adalah melakukan "proofreading sebelum menerbitkan tulisan."
Sesuai dengan materi pada pertemuan ke 12 KBMN dengan narasumber Susanto,S.Pd atau yang di youtubeny akrab dipanggil Pak DSus didampingi moderator cantik ibu Helwiyah,S.Pd.M.P yang akrab dengan sapaan bu Ewi. yakni, "Proofreading sebelum Menerbitkan Tulisan"

Proofreading belum familiar pada diri saya sendiri? ataukah masih ada yang seperti saya? kalau ada yok kita simak bareng "Apa itu proofreading?"
 Proffreading  sebagaimana dikutip dari laman uptbahasa.untan.ac.id adalah proses peninjauan kembali sebuah teks dilihat dari aspek kebahasaan dan penulisannya. Tujuannya adalah guna mengecek kembali bahwa teks atau esai yang akan diserahkan sudah bebas dari kesalahan pengetikan (typo), kesalahan ejaan, kesalahan grammar, atau kesalaha-kesalahan mendasar lainnya.



Ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan saat melakukan Proofreading. diantaranya.
a.  Jangan terburu buru mengirimkan artikel/tulisan begitu selesai langsung dikirim. Tapi berhenti sejenak, baca ulang perhatikan kalimatnya. 
b. Posisikan diri sebagai pembaca sebelum mengirim tulisan secara keseluruhan. Periksa tulisan setelah tulisan selesai. Sebisa mungkin hindari merevisi tulisan saat sedang menulis.

Adapun teknik teknik yang perlu diperhatikan saat melakukan proofreading adalah
a. Merevisi teks dari awal hingga akhir 
b. Perhatikan penggunaan bahasa (kata, frasa, kalimat maupun susunan paragraf)
c. Pastikan penggunaan tata bahasanya. hindari penggunaan kata maupun kalimat yang ambigu
d. Gunakan EYD dalam mengecek kalimat. (dulu KBBI dan PUEBI) merujuk pada Keputusan Kepala        Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Nomor 0424/I/BS.00.01/2022            tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
e. Perhatikan konsistensi dalam penulisan nama dan ketentuannya, judul bab, dan penomorannya.

Berikut tips dalam melakukan proofreading.

Teknik cepat menghindari typo dibagikan oleh Pak DSus  melalui youtube nya. Adapun link youtubenya adalah https://www.youtube.com/watch?v=tZZgrv5-JXo. 

Kapan kita melakukan proofreading?

Dalam menulis ada tiga tahapan yang dilalui dan proofreading kita lkukan setelah tulisan kita selesai. adapun tekniknya sudah disampaikan pada uraian sebelumnya. 


Demikian materi KBMN 28 pertemuan ke 12. 

Semangat menulis, Jangan bosan melakukan proofreading demi terciptanya tulisan sesuai dengan yang kita inginkan.




Lombok Timur, 05022023



2 komentar:

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...