Senin, 06 Maret 2023

LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

 

RESUME KE 15 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA 


Gelombang ke              : 28

Pertemuan ke                : 15

Tanggal                        :  19 Februari 2023

Tema                            :   Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber                 :   Yulius Roma Patendean, S.Pd

Moderator                   :    Arofah Afifi, S.Pd


        Pertemuan kali ini membuka kembali pemahaman kita dalam pemanfaatan media dalam menulis.  topik pelatihan kali ini sangat menarik. Tips dan trik tentang penyusunan sistematis sebuah buku yang disampaikan oleh Pak Roma wajib dicoba.   Konsistensi kita untuk mempertahankan kualitas sebuah tulisan tampak dari proses penyusunan dan pengeditan karya tulis tersebut. Semoga intisari dari pelatihan kali ini dapat membuka cakrawala baru bagi para penulis pemula untuk dapat menghasilkan karya tulis yang berkualitas, akurat, dan terpercaya. 

Narasumber Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd  yang lahir di Silanan, Tanah Toraja, 6 Juli 1984. Masih sangat muda , tetapi pemilik segudang prestasi. dan disampingi moderator cantik ibu Ovi ( Arofiah Afifi, S. Pd.), Keduanya sama-sama alumnus KBMN di Gelombang 9. 

 Dalam menulis narasumber memberikan resep CLBK Cpba Lakukan Budayakan dan Konsisten.

Dalam kesempatan ini agar lebih memudahkan peserta, narasumber membagikan materinya dalam bentuk link yang bisa diakses kapan saja. link tersebut adalah sebagai berikut.

Seluruh materi beliau dapat diakses melalui link you tube berikut ini. 

1. Cara menyusun bab, dan subbab: https://www.youtube.com/watch?v=jXPr59aWJSc   

2. Cara membuat daftar isi: https://www.youtube.com/watch?v=eePQwyHAcjw

3. cara membuat daftar indexhttps://youtu.be/mS8bfNZT-rA

Selain memberikan link untuk cara menyusun buku, narasumber juga  membagikan beberapa salinan link berupa aplikasi yang bisa dipakai dalam menulis seperti  aplikasi Mendeley, dan Zotero, yaitu aplikasi teknik penulisan kutipan, beserta referennya. Padahal narasumber sendiri lebih sering menggunakan  aplikasi Ms. Word seperti yang beliau ajarkan melalui Link You tube di atas.

https://www.mendeley.com/

https://www.zotero.org/

Sebagai seorang pendidik, dan ilmuwan, beliau tidak pelit berbagi pengetahuan. Di bawah ini adalah perpustakaan portable istilah beliau, di mana para peserta pelatihan bisa mengakses berjuta referen dari dalamnya secara gratis.

https://www.pdfdrive.com/

ada juga beberapa tips yang dibagikan dalam sesi tanya jawab.

Beberapa tips yang dibagikan melalui tanya jawab di antaranya.

a.  Tulisan apa saja. Biarkan tidak teratur. nanti di saat ada waktu luang, baca dan urutkan.

b.   Percaya diri saja. Tulislah apa adanya

c. Untuk menghasilkan tulisan menjadi buku, lakukan dengan rutin, luangkan waktu untuk menulis. gabungkan referen dalam pengalaman pribadi dengan referensi yang menjadi sumber dengan sumber-sumber lain, seperti internet, surat kabar, dan lain-lain.

d. Buatlah tulisan dengan bahasa yang unik dan mudah dipahami.

e. Tulislah di kertas ukuran A5, dengan jumlah halaman disarankan 70 halaman (versi UNESCO minimal 40 halaman), beri daftar pustaka untuk tulisan yang bersifat ilmiah. Cantumkan referen agar tidak dikategorikan plagiat

f.  Jika sulit menuangkan ide gagasannya sendiri, pakailah referen dan buat parafrasenya, cantumkan sumbernya. Perhatikan tata tulisnya, jika sumber diambil utuh, pakailah tanda "...".

g. Semua bisa dijadikan sumber tulisan

h. Bisa menggunakan aplikasi medley untuk menyitasi refrensi


Semoga dengan kemudahn dan langkah praktis yang diajarkan kepada peserta pada pertemuan ini akan menjadi pemicu semangat peserta untuk terus berkaya.
Salam literasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...