Sabtu, 11 Maret 2023

BAGAIMANA MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

 

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI


Resume ke      : 27

Gelombang     : 28 

Tanggal           : 10 Maret 2023 

Tema               : Membuat Cover Buku Yang Menarik

Narasumber    : Bapak Fajar Tri Laksono, M. Pd

Moderator       : Ibu Lely Suryani, S.Pd.SD

         Salah satu bagian terpenting dari sebuah buku adalah cover. Cover merupakan tampilan pertama yang mampu menjadi salah satu daya Tarik sebuah buku. Cover adalah bagian yang penting dari sebuah buku, karena penampilan awal dari sebuah buku akan membuka mata dan selera untuk membaca isinya. Untuk itu seorang penulis harus bisa menampilkan cover terbaik dari buku hasil karya tulisannya. Membahas tentang cover sebuah buku pertemuan ke 27 KBMN ini menghasilkan seorang narasumber yang telah banyak membantu penulis mendesain cover buku karya mereka. Pertemuan yang dilakukan via zoom meeting. Di pandu oleh moderator hebat kita Ibu Lely Suryani, S.Pd.SD dengan yang mengangkat tema “Membuat Cover Buku Yang Menarik”. Dengan narasumber  Bapak Fajar Tri Laksono, M. Pd. Lahir di Sidoarjo, 24 Februari 1981. Beliau merupakan seorang desain grafis yang sukses dan bebrkali kali menjuarai kejuaraan yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek. Saya mengakui kehebatan beliau karena beberapa kali pernah di even yang sama di tahun 2016 dan 2017, beliau memang hebat dan selalu siap berbagi pengalaman dan dan ilmu kepada orang lain.

        Membahas tentang pembuatan cover sebuah buku yang menarik dan tepat merupakan salah satu langkah yang ditempuh penulis agar pembaca tertarik untuk membaca bukunya, dan jika orang sudah tertarik maka itu juga akan berpengaruh pada penjualan buku di pasarannya. Selain memilih warna yang tepat, kita juga perlu mempertimbangkan font dan gambar yang digunakan, tentu saja latihan dan pengalaman adalah kunci untuk membuat cover buku yang sempurna dan yang enak dilihat pembaca. Namun, kita juga dapat mencari inspirasi dan contoh desain di berbagai sumber seperti aplikasi Canva, situs web desain grafis, atau bahkan melihat cover buku-buku yang sudah terkenal. Kita bisa juga membuat cover buku menggunakan cara yang sangat sederhana seperti menggunakan  aplikasi power point, corel draw, maupun  canva

  Dalam pembuatan cover menggunakan gambar, perlu diperhatikan jangan sampai menggunakan gambar yang diambil secara sembarangan. Cover yang diterima penerbit harus dipastikan tidak melanggar hak cipta, harus memiliki lisensi yang jelas. Agar tidak melanggar lisensi orang lain maka perlu memperhatikan bahwa ada undang-undang hak cipta yang mengatur kepemilikan sebuah gambar. seperti motif, diagram, sketsa, logo, unsur-unsur warna dan bentuk huruf indah.  Gambar juga merupakan bentuk karya seni rupa yang sekaligus merupakan ciptaan yang dilindungi menurut pasal 40 ayat 1 huruf f  Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Untuk itu perlu banyak pertimbangan ketika kita akan mengambil gambar di google karena bisa terkena pelanggaran lisensi. 

Beberapa tips dalam membuat cover buku yang bagus dan menarik:

1. Pemilihan tema yang tepat: Pilih tema yang sesuai dengan isi buku  dan usahakan agar dapat menarik bagi target audiens. 

2. Gunakan gambar berkualitas tinggi: Gunakan gambar yang berkualitas tinggi untuk membuat cover buku agar lebih menarik. Pastikan gambar tersebut sesuai dengan tema dan konten buku. 

3. Penggunaan font yang tepat: Pastikan font tersebut mudah dibaca dan sesuai dengan warna dan desain cover buku. 

4. Pertimbangkan warna yang tepat: Pilih warna yang sesuai dengan tema dan genre buku Warna yang tepat dapat membuat cover buku Anda lebih menarik dan memikat perhatian pembaca. 

5. Gunakan elemen visual yang menarik: Tambahkan elemen visual seperti garis, bentuk, atau pola yang sesuai dengan tema buku. Hal ini dapat menambah dimensi dan keindahan pada desain cover buku yang kita buat. 

6. Simplicity is key: Desain cover buku haruslah simpel dan mudah diingat oleh target audiens. Jangan terlalu memadatkan desain, sehingga sulit dipahami dan tidak menarik bagi pembaca. 

7. Perhatikan kualitas cetak: Pastikan desain cover buku memiliki kualitas cetak yang baik. Pastikan ukuran, resolusi, dan format desain sesuai dengan persyaratan penerbit dan printer.


     Cover adalah cerminan isi buku. Jika cover buku sudah menarik maka orang akan tertarik untuk mengetahui isi buku. Jika kita belum mampu membuat cover sendiri untuk buku buku kita, maka kita bisa minta bantuan ilustrator, 
Contoh Cover 





Lombok Timur,12032023

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...