Jumat, 13 Januari 2023

DENGAN MENULIS KITA GALI POTENSI DIRI AGAR MAMPU MENGUKIR PRESTASI



PERTEMUAN KE-3 KBMN 28


Gelombang           : 28
Pertemuan Ke -     : 3
Narasumber           : Aam Nurhasanah, S.Pd
Moderator              : Arifiah Afifi, S.Pd
Tema                      : Gali Potensi Ukir Prestasi

 Alhamdulillah kembali malam ini bisa mengikuti kegiatan belajar bersama di mana pada Pertemuan  malam ini dengan dipandu oleh ibu Arofiah Afifi serta menghadirkan narasumber ibu Aam Nurhasanah, S.pd seorang guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN Satu Atap 4 Cipanas  Kp.Gununghaur, Desa Pasirhaur, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. yang memulai karir  menulisnya dari grup belajar menulis, yang meski pernah gagal namun akhirnya berkat keuletannya beliau akhirnya dapat menuai buah dari usahanya. Berkat menulis belau mampu mengumpulkan dan mengukir banyak prestasi. 

     Mendengar kata menulis terkadang sebagian orang mulai membayangkan bagaimana susahnya dengan segala ketakutan akan hal yang terkadang belum tentu akan terjadi. Menghadapi ketakutan awal bagi penulis pemula maka di sini kita belajar bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat untuk mau berubah dan mengalahkan ketakutan diri sendiri. 

     Pada kesempatan ini ibu Aam membagikan pengalamannya dari mulai belajar menulis hingga sukses dengan segudang prestasinya. Pertama kali ikut kelas menulis pada gelombang ke-8 namun gagal. Akan tetapi beliau tidak patah semangat ikut lagi dan lulus pada gelombang ke-12. Beliau mampu mengalahkan pikiran negatif dan ketakutan di awal belajar seperti tulisan jelek, tidak percaya diri sehingga takut dibully hingga ketakutan tidak mampu mempublikasikan. Namun semua itu sudah berhasil dikalahkan hingga stelah buku antologinya yang berjudul "Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng" buku solo pertamanya yang berjudul "Mengukir Mimpi Jadi Penulis Hebat" 



Menyusul lagi buku Solo keduanya yang berjudul "Kunci Sukses Menjadi Modertor Online" bu Aam telah menunjukkan dan memberikan contoh kepada kita bahwa kunci utama mengalahkan katkutan dan kekhawatiran itu adalah bagaimana kita memperbaiki niat kita sehingga kita bisa menumbuhkan motivasi dalam diri kita untuk terus semangat untuk menulis. Kita juga bisa mencari tokoh yang akan menjasi moivator kita dengan melihat kesuksesn mereka dari kegiatan menulisnya.



      Niatkan juga bahwa menulis merupakan salah satu cara kita untuk berbagi pengetahuan kita kepada orang lain. Sebagai contoh bu Aam menjadikan Om Jay dengan segala kesuksesannya dalam bidang tulis menulis sebagai salah satu motivator untuk terus menulis Selanjutnya beliau mengikuti dan menerima  tantangan menulis satu minggu bersama Prof. Eko Indrajit, dimana naskahnya lolos seleksi penerbit mayor dan bisa dipajang di semua toko buku  Gramedia. Ada juga bentuk e-booksnya  dan mimpinya jika suatu saat bukunya  terpajang di Rak Gramedia bisa terwujud.

          Buku dan karya berikutnya pun terus bermunculan dan dengan proses yang sudah dilaluinyapun hasilnya dapat dipetik. banyak prestasi yang diraihnya dari menulis diantaranya. 10 besar lomba blog dan akhirnya dapat menyabet juara 1 pada lomba blog PGRI di bulan Maret 2021.

Menarik pelajaran dari pengalaman bu Aam sebagai narasumber pada malam ini bahwa kita jangan pernah bosan untuk terus belajar dan jangan pernah takut untuk gagal. Bermimpi dan bersahalah agar kita bisa mewujudkan impian tersebut. Jalani prosesnya jangan pernah menyerah hingga impian menjadi penulis hebat bisa terwujud.

jangan pernah lelah ataupun bosan untuk terus berlatih dan mencoba sehingga tercapai apa yang diimpikan. Hingga kita bisa menikmati perjuangan dan usaha tersebut dalam ukiran prasasti prestasi.

Semangat...




Lombok Timur, 13102023


3 komentar:

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...