Rabu, 18 Januari 2023

JADIKAN BLOG KITA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


 Gelombang               : 28

Pertemuan                  :  5

Tema                         : Blog Sebagai Mendia Pembelajaran

Narasumber              :   Dail Ma'ruf, M.Pd

Moderator                 :  Purbaniasita KS, S.Pd


Alhamdulillah memasuki pertemuan ke 5 pada KMBN angkatan 28.

Pertemuan kali ini dipandu oleh narasumber cantik mba Purbaniasita KS,S.Pd  dan narasumber hebat Bapak Dail Ma'ruf  yang merupakan  lulusan KMBN 20. telah banyak menambah pemahamanku tentang pemanfaatan blog. Materi yang berisi pengalaman beliau yang menggugah mindsetku tentang penggunaan blog yang semula hanya sebagai tempat menulis biasa, tapi kini ternyata aku dapat pemahaman jika blog itu banyaak sekali manfaat lainnya. 
Materi yang saya dapat sangat yang padat berisi. adapun uraiannya adalah sebagai berikut.

"Blog" pertama kali diperkenalkan oleh Jhon barger pada tahun 1998 diambil dari kata Weblog. Blog sama halnya dengan medsos lainnya seperti FB, IG,Email, tiktok maupun youtube. Blog merupakan website pribadi dan dapat diperbaharui dari waktu kewaktu. Tinggal sekarang sebagai pemiliknya kita bagaimana menggunakannya. Blog ini bisa kita pergunakan untuk banyak hal positif di antaranya sebagi seorang guru maka blog ini bisa kita manfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif.

Kata kata pertama yang belaiu sampaikan untuk membakar semangat peserta adalah "MAN JADDA WA JADDA atau " THERE ARE A WANT THERE ARE A WAY"

 "jangan minder apalagi putus asa--- dengan tekad dan niat belajar, dibarengi ketahan bantingan--- insya Allah akan hasil maksud --- bisa punya buku--- sebagai mahkota bagi penulisnya".

Ada beberapa macam blog diantaranya

1. Blog Pendidikan

2. Blok Sastra

3. Blok Pribadi

4. Blog Bertopik misalnya khusus kuliner, wisata dll

5. Blog Kesehatan yakni blog yang dibuat oleh ahli medis misalnya hallo dok, 

6. Blog Politik blog yang dipakai untuk mengiklankan diri atau jagoannya agar mendapat dukungan                                 atau  suara

7. Blog Perjalanan yang berisi cerita perjalanan

8. Blog Riset yang biasanya dimiliki oleh pihak kampus atau lembaga penelitian lainnya. 

9. Blog Hukum blog yang dibuat oleh para ahli hukum, pengacara, jaksa, hakim atau polisi 

10. Blog Media atau blog berita yang berisi berita apa saja yang ditulis oleh wartawannya

11. Blog Agama blog yang berisi masalah agama dan solusinya dari tokoh agama, Blog ini bisa juga                                    berisi hasil tanya jawab. 

12. Blog Bisnis blog yang berisi bisnis yang diupload oleh pemiliknya dengan tujuan agar menarik                 peminat/pembeli.

Dari jenis jenis blog tersebut orang bebas membuat blog sesuai dengan passion dan keperluan masing masing. Bisa membautnya sebagai blog yang bisa dilihat oleh halayak umum bisa juga untuk diri pribadi. Sebagai seorang guru alangkah baiknya jika kita memiliki blog yang kita manfaatkan untuk dunia pendidikan. 

Beliau juga memaparkan 5 manfaat blog dalam  dunia pendidikan di antarany:

1. Sebagai rumah belajar dan berbagi guru

2. Membantu dan meringankan tugas guru dalam mengajar. (Seperti menulis rangkuman materi                  pelajaran, nilai, informasi penting, tugas siswa dll

3. Meningkatkan minat belajar siswa

4. dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun

5. Sebagai sarana menjalin tali silaturrahmi.

sebagaimana dipaparan belaiu pada power point berikut.





 Semua yang disampaikan narasumber ini juga dilengkapi dengan data dari pengalaman beliau. Hal tersebut sangat mengispirasi dalam upaya meningkatkan pembelajaran dengan memanfaatkan blog. Beliau banyak berbagi tentang pengalaman dan tip menjadi guru yang kreatif dan inovatif agar suasana kelas menjadi menyenangkan dan sesuai dengan tuntutan perkembangan peserta didik saat ini. 

Semangat untuk terus menulis dan berinovasi.

Salam lIterasi




Lombok Timur, 19012023








1 komentar:

  1. Lengkap sekali resumenya, hanya sebaiknya harus konsekuen antara penggunaan kalimat saya dan aku. Seandainya dr awal menggunakan aku berarti semuanya harus aku. Kalau dr awal menggunakan saya, berarti semuanya harus menggunakan saya. Btw intinya sudah siip dan keren 👍

    BalasHapus

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...