Jumat, 27 Januari 2023

MENULIS ITU MUDAH


Gelombang                 :  28 

Pertemuan ke              : 9

Tanggal                        : 27 Januari 2023

Tema                            : Menulis Itu Mudah

Narasumber                  : Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I.

Moderator                      : Lely Suryani, S.Pd.SD


Bisakah saya menulis? Bagaimana sya memulai menulis? Addduh menulis itu susaah?

Itulah beberapa kalimat yang tidak asing kita dengar saat kita membicarakan tentang menulis. 

menjawab pertanyaan ini pada pertemuan ke 9 kelas belajar menulis nusantara (KBMN) 9 PGRI menghadirkan narasumber hebat yang akan mengupas tuntas dan menjawab pertanyaan tersebut.  Beliau adalah Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Guru besar di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.  hingga saat ini beliau telah menghasilkan banyak sekali karya diantaranya karya berupa 47 buku, disamping itu juga Beliau pemiliki website Spirit-literasi.id yang banyak berisi gagasan dan dokumentasi karya yang terkait dengan dunia literasi. 

        Menurut belau mennulis bisa dimulai dari menuliskan kisah keseharian kita, karena pengalaman sehari hari metupakan lahan subur untuk kita mencari bahan untuk menulis. Beliau mencontohkan dengan mengawali pertemuan ini dengan menceritakan kisah tentang suasana Ramadhan di alun alun trenggalek. Jangan takut aatau merasa jika tulisan kita itu jelek sehingga saatat menulis kita mengedit tulisan kita. Tulis saja apa yang ada di pikiran kita. Alangkah baiknya tulis di komputer dan simpan filenya di sana. Tunggu suasana hati dan psikologis kita tenang dan santai kita buka kembali tulisan kita, baca dan jika ada yang perlu di ubah/edit maka edit, jika ada yang perlu ditambahkan tambahan agar tulisan tersebut menjadi semakin sempurna versi kita.

Karena tulisan tersebut merupakan jejak perjalanan kita maka usahakan tulisan tersebut seminimal mungkin memuat hal hal yang tidak sesuai dengan kepribadian kita. Di samping itu beliau juga menekankan agar menulis itu tidak perlu menunggu mood, tapi dengan berusaha mendisiplinkan jiwa, walau awalnya terasa dipaksakan akan tetapi jika terus menerus dilaksanakan maka akan terasa menjadi kebutuhan sebeperti istilah beliau "menulis berasa ngemil" dimana beliau menulis sedikit demi sedikit tapi sering.  Beliau mencontohkan kesehariannya yang menulis di kompasiana minimal 3 sampai 5 paragraf perhari sedangkan artikel atau jurnalnya sebanyak satu paragfar.  beliau juga mengatur dimana dan kapan waktunya menulis. Cobalah menulis setiap hari selama tiga bulan maka akan terasa betul menulis itu seperti ngemil dan menjadi kebutuhan. Lawan musuh terbesar dalam menulis yakni "diri sendiri". Perlu diperhatikan juga tentang upaya untuk meningkatkan mutu tulisan kita dengan banyak belajar dan mencari refrensi yang sesuai dengan materi yang akan kita tulis. 

Dalam kesempatan ini beliau menjellaskan ada tiga langkah tepat yang bisa ditempuh saat menulis.

1. Buatlah panduan untuk tulisan

2. Tulislah hal hal yang kita alami

3. Tulis tentang perjalanan kita. 

     jadikan menulis itu rasa ngemil agar rasakan sensasinya sehingga tanpa kita sadari kita sudah memiliki banyak tulisan.   Jika tulisan tulisan yang sedikit sedikit itu dikumpulkan lama kelamaan akan bisa disusun menjadi buku.  " Mari Menulis " Kata penutup dari beliau sebagai motivasi peserta untuk menulis. 



Lombok Timur, 28 Januari 2023




3 komentar:

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...