Kamis, 26 Januari 2023

KOMITMEN MENULIS DI BLOG

 


Pertemuan ke   : 8
Gelombang   :  28
Hari / Tanggal : Rabu, 25 Januari 2023
Tema : Komitmen Menulis di Blog
Narasumber : Drs Dedi Dwitagama, M.Si

          Moderator : Sigid PN, SH 

Pelaksanaan pertemuan malam ini tambah seru karena dilakukan melalui zoom sehingga antar peserta yang selama ini hanya saling kenal melalui whatshapp akhirnya bisa saling bertatap maya (tatap muka di dunia maya). Alhamdulillah semakin menambah keakraban semua peserta terlebih lagi dengan menghadirkan Founder Kelas Belajar Menulis ini semakin menambah semangat peserta, terlebih kehadiran beliau di room meeting memberikan suport Om Jay kepada semua tim solid KBMN 28 ini.

    Kali ini Moderator bapak Sigid PN, SH memperkenalkan narasumber bapak Dedi Dwitagama,M.Si dengan mengangkat tema "Komitmen Menulis di Blog" Kata komitmen ini yang sulit dilakukan meski ringan diucapkan. Selama ini yang sering kita temui adalh komit untuk terus menulis dalam situasi, 

    Pak Dedi (demikian panggilan akrab narasumber) berharap agar peserta yang merupakan guru menggunakan waktunya di internet dengan menghasilkan karya karya berupa tulisan yang dapat menggungah dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Karena segela sesuatu meskipun kecil akan mudah didapatkan jika banyak yang membaca dan mempostingnya. Dengan memiliki bloh guru guru dapat mengungkapkan ide, visi. misi, maupun mimpi yang ingin diraihnya. Dengan mengungkapkan itu dalam bentuk tulisan menjadikannya produktif untuk berkarrya, membagikan kepada orang lain melalui blog sehingga tulisannya tentang ide, visi misi maupun mimpi itu dapat dibaca dan berguna bagi orang lain.

    Tak dapat dipungkiri banyak diantara kita yang sering merasa aman di zona nyaman sehingga merasa tidak perlu untuk menuliskan dan berbagi ide kepada orang lain. Padahal alangkah baiknya jika apa yang kita miliki dapat dibagikan dan berguna bagi orang lain. Selin itu daripada tulisan tulisan itu menumpuk berdebu di rak buku dan hilang filenya lebih baik ditulis di blog. dengan menuliskannya di blog maka tulisan maupun dokumen kita misalnya foto atau gambar kita akan abadi dan mudah dicari. Apalagi jika kita memiliki buku akan semakin bermanfaat bagi orang lain. Bukan hanya buku dalam bentuk print out namun bisa juga dalam bentuk e book (buku digital) yang dibagikan melalui blog. Termasuk juga file file modul atau perangkat pembelajaran jika di simpan di blog selain mengamankan penempatannya juga bisa bermanfaat bagi teman guru yang lain dan juga peserta didik kita.Itulah beberapa keuntungan dari blog.

Nasehat pak Dedi, Jangan pernah takut salah untuk menulis di Blog, mulailah dari hal yang menyenangkan dan akrab dalam keseharian kita. Maslah passion lama lama kita akan tahu dan merasakan mana passion yang cocok dengan kita. Menulislah dan ukirlah jejak untuk generasi berikutnya.


 

Dalam sesi diskusi sekali pertanyaan yang dijawab oleh pal Dedi dengan tuntas. Diantara sekian banyak penanya salah satunya yang sangat menginspirasi saya adalah pernyataan  dan motivasi dari ibu There. Motivasi dari ibu There. dari pengalamannya sejak awal masuk grup menulis hingga seperti saat ini.  Bagaimana guru memotivasi murid untuk menulis. bagimana menulis menjadi candu bagi beliau. Harapannya juga bagaimana caranya membuat rekan rekan guru yang lain agar ikut kecanduan menulis juga. Betul betul niat baik yang sangat bermanfaat bagi orang lain meskipun saat ini masih banyak yang kurang berminat untuk menulis.

Menulis banyak manfaatnya salah satu agar tulisan bisa dijadikan salah satu ladang untuk berbagi dan juga menamnbah pengetahuan serta mengasah kemampuan menulis kita..

Terima kasih buat semua inspirasi baik dari narasumber, moderator maupun peserta .



Lombok Timur, 27/01/2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...