Senin, 09 Januari 2023

MENULIS SETIAP HARI

 

MENULIS SETIAP HARI


 

Resume   Pertemuan 1

          Gelombang          :  28

          Narasumber         :  Dr Wijaya Kusumah, M.Pd

          Moderator            : Dail Ma'ruf. M.Pd

          Materi/Tema        :  Menulis Setiap Hari   


Malam senin, 9 Januari 2023 Kembali mengikuti kegiatan Belajar Menulis yang kemarin sempat terganggu oleh kegiatan dan kondisi fisik yang tidak bersahabat. 

Seperti kegiatan di tahap sebelumnya kembali Om Jay menjadi pemateri yang mampu memabngkitkan semangat kita untuk menjadi penulis. Membagikan pengalaman terbaik beliau untuk memotivasi peserta agar menjadi penulis. 

dari perkenalan beliau yang dipaparkan oleh  moderator bapak Dail Ma'ruf  yang ramah dan humble Om Jay yang lahir    du Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1972 . Beliau membakar semangat peserta untuk menjadi penulis. Membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka agar bermanfaat bagi orang lain.

Males, lupa atau ada kesibukan lain (tak bisa memanage waktu) sering menajdi hambatan menjadi seorang penulis (termasuk aku 😓). Mengatasi hal tersebaut Om Jay memberikan salah satu cara mengatasinya yaitu dengan cara "Menulis Setiap Hari" agar apa yang dialami , dipikirkan maupun dikerjakan pada hari itu dapat ditulus dengan ingatan yang masih segar (apalagi aku ya yang sudah memasuki usia ... he he)

Apa yang dikatakan oleh Om Jay bukan tanpa alasan, terbukti dengan banyaknya karya dari hasil menulis setiap hari yang beliau lakukan. Mulai dari karya tulis ilmiah, artikel hingga buku dengan berbagai judul telah beliau hasilkan sejak tahun 2005 hingga 2021.

Beberapa di antara buku tersebut di antaranya. 

Proses Pembelajaran Internet dalam Meningkatkan Ketidaksabaran Siswa (2005), Pembelajaran Berbasis TIK dalam Kelas Akselerasi dalam Meningkatkan Imtak-Ilmu secara Terintegrasi (2006), Efektifitas Pemanfaatan Blog Sebagai Media Tes Online (2011), Write Every Day & Prove What Happens (2011), dan ICT: Blog Writing For Education (2012). Buku Berburu Ilmu di Negeri Panda Imut (2021), Buku Agar PJJ Tak Lagi Membosankan (2021), Buku Awas Virus Corona Mengawasimu (2021), Guru Mengemudi (2021) dan banyak lagi buku karya beliau. Selain buku tulisan tulisan beliau di blog sangat inspiratif dan tulisan tulisan tersebut yang akhgirnya dipetik hasilnya oleh beliau. Beberapa buku dan karya beliau menjadi juara dalam lomba tingkat Nasional dan bahkan sempat mengantarkan beliau bisa bertemu langsung dengan bapak Presiden republik Indonesia.  

Dalam sesi tanya jawab  om Jay menjawab semua pertanyaan peserta yang sebagian besar berisi tentang tantangan menjadi penulis produktif, mengngalahkan mental blok dan tetap menumbuhkan semangat untuk tterus menulis.

Closing tstament Om Jay memberikan tips jitu menjadi penulis yakni "Menulislah setiap hari, tulis apa yang kita sukai dan kuasai di blog" 

Terima kasih Om Jay. 
Materi malam ini menambah Booster semangat saya yang sempat redup. 


Bismillah.. 

Membangun kesadaran diri untuk tambah bersemangat menghadapi segala rintangan. 


Rohimah, 10012023

9 komentar:

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...