Jumat, 20 Januari 2023

RESUME PERTEMUAN 6 Kelas Belajar Menulis Nusantara 28


 Pertemuan ke       :  6

Gelombang           :   28

Tanggal                 : 20 Januari 2023

Tema                     :  Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu

narasumber           : Prof. Richardus Eko Indrajit

Moderator             : Aam Nurhasanah, S.Pd


         Dipandu oleh ibu Aam Nurhasanah, S.Pd dengan narasumber Prof. Richardus Eko Indrajit, pertemuan ke enam kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara semakin meriah. Peserta yang begitu antusias bertanya dan menggali ilmu tantang bagaimana menjadi penulis mayor. Membaca profil dan karya narasumberdengan karya beliau yang begitu banyak menjadikan rasa ini semakin melambung, menghayal tingkat tinggi. Kapan yaa bisa punya karya banyak seperti beliau. Dari profil nara sumber yang saya baca di linknya beliau yang memiliki nama lengkap Prof.Dr.Ir.Richardus Eko Indrajit,M.Sc, M.B.A., M.Phil.M.A. yang dalam chanel youtubenya beliua dikenal dengan panggilan akrab Prof Ekoji. Hobi menulis sejak SMP hingga saat ini beliau sudah menulis 623 artikel dan kurang lebih 121 buku. Duuh pokoknya membuat semangat untuk menulis yang kembang kempis semoga membara kembali.

      Ditambah lagi dengan kehadiran moderator hebat juga yang semakin membuat diri berdecak kagum. Walaupun dengan pengalaman menulis baru beberapa tahun diawali dengan keikutsertaannya di kegiatan kelas belajar menulis tapi sudah mampu menelurkan beberapa karya, berupa tulisan dalam bentuk buku baik dalam bentuk antologi maupun yang diterbitkan oleh penerbit Mayor. Bersama Narasumber berkolaborasi menerbitkan buku dengan judul "Parenting 4.0" 

        Kembali ke narasumber, Prof. Ekoji mengawali kegiatan menulis sejak SMP, disusul dengan tulisan tulisan berikutnya yang mana kegiatan menulis ini didasari oleh keinginan untuk berbagi baik ide, pengalaman, gagasan maupun cerita kepada orang lain. 

       Buku Mayor pertama beliau diterbitkan pada tahun 2000 yang berisi kumpulan artikel yang beliau kemas dalam bentuk bunga rampai. Satu topik dalam satu buku yang berisi kurang lebih 50 artikel. Dari buku yang beliau tulis banyak WA yg terkirim ke beliau yang mengungkapkan ucapan terima kasih karena banyak mendapatkan manfaat dari buku buku yang prof tulis. 

      Ketika pandemi covid 19 melanda beliau memanfaatkan teknologi digital untuk berbagi. Beliau berbagi melalui chanel youtubenya yang dikenal dengan EKOJI CHANEL. Di sana beliau berbagi  tentang pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan menggunakan judul yang unik dan menarik seperti gamification, colaborative learning, flipped classroom, metaverse, big data, IOT dan masih banyak judul yang lainnya. 

        Selain menulis beliau juga mengajak guru guru untuk menulis, salah satunya dengan cara memberikan tantangan bagi peserta. Bersama Om Jay beliau pernah memberikan tantangan kepada para guru untuk menulis materi yang ada di youtube dan menambahkannya dengan materi untuk memperkaya kontennya. Hasilnya dari 30 peserta yang menerima tantangan tersebut berhasil diterbitkan 19 judul buku. Selama ini sudah ada 60 buku karya guru yang diterbitkan secara mayor di penerbit ANDI.

        Dalam memberikan tantangan Prof. Ekoji memberikan cara yang berbeda dengan penulis yang lain. Sistem yang dipakai, beliau akan memberikan sebuah tema, dan dari tema tersebut peserta menulis dibimbing oleh beliau dan bu Aam. Target yang ingin dicapai semoga buku buku tersebut bisa selesai dikurasi sebelum Idul Fitri. Banyak peserta yang menyambut tantangan tersebut.

   Keseruan di sesi tanya jawab semakin membuka wawan peserta tentang bagaimana menulis agar bisa diterbitkan oleh penerbit mayor, bagaimana agar bisa terus semangat untuk menulis dan bagaimana menulis yang mampu mabuat tulisannya menarik orang untuk membacanya. 

      Salah satu cara kerja yang beliau tanamkan, '.. Ntanamkan niat untuk menulis" eKSEKUSI dulu baru DISKUSI, jangan DISKUSI saja tanpa ada EKSEKUSI. Cari judul yang anti mainstream dan perhatikan tuntutan pasar. 

      Wujudkan mimpi kita menjadi AKSI dengan segera meng EKSEKUSI. Bukan hanya sekedar DISKUSI.

Terima kasih pada Prof Ekoji atas materi dan semangatnya malam ini. Tak lupa juga kepada moderator hebat ibu Aam yang banyak berbagi pengalaman..


Lombok Timur, 21012023

1 komentar:

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...