Rabu, 18 Januari 2023

MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH

 



Gelombang                      :  28
Pertemuan ke                 :   4
Tema                              :   Menulis Buku Dari Karya Ilmiah
Narasumber                   :   Eko daryono, S.Pd
Moderator                      :   Nur Dwi Yanti, S.Pd


Senin malam, Mengutip pernyataan Jhon maxwell yang menggambarkan passion sebagai bahan bakar untuk kemauan dimana passion mengubah keharusan menjadi kemauan. Moderator cantik Dwi Nur Yanti, S.Pd mulai membuka acara dan memperkenalkan narasumber yakni Bapak Eko Daryono, S.Pd. atau akrab di sapa sebagai "Mr.Yons" Beliau adalah alumni Kelas Belajar Menulis gelombang 24.

Mengikuti kegiatan saat itu, tanpa sadar aku mengingatkan diri ini tentang apa saja yang pernah ku tulis. Sebagai salah satu tugas pengembangan diri yang pernah kutempuh adalah menulis karya ilmiah. Salah satu syarat untuk kenaikan pangkat adalah adanya hasil karya ilmiah. akan tetapi setelah kupakai untuk usul kenaikan pangkat karya tersebut akan saya apakan?.
 Akankah akan kubisarkan saja teronggok dan tak tersentuh lagi?. Akan tetapi setelah mengikuti kegiatan ini sisi lain di hatiku berkata " Betul sekali, alangkah bijaksananya jika tulisan tersebut aku bagikan kepada orang lain dengan niat semoga bisa bermanfaat bagi orang lain. Itu yang terlintas di benakku saat itu." 
     Agar karya tersebut bisa dinikmati oleh semua kalangan maka akan lebih menarik lagi  jika karya tersebut disajikan dalam bentuk buku. itulah materi yang sangat berari bagiku yang kudapatkan pada malam ini. Bagaimana mengubah KTI menjadi sebuah buku.
   Secara umum KTI dibagi menjadi dua yakni KTI non buku dan KTI buku
   a. Yang termasuk KTI Nonbuku
       1.  KTI bidang akademis yakni KTI yang diperoleh untuk mendapatkan gelar di sana ada tugas                    akhir, skripsi, tesis dan disertasi.
       2.  KTI hasil penelitian. Masuk dalam kelompok ini PTK, Bestpractice, makalah, artikel dan jurnal
       3.  KTI yang berupa ulasan atau resensi
   b  KTI Buku
       1. Buku bahan ajar contohnya : buku ajar, modul, diktat, buku refrensi
       2. Buku Pengayaan contohnya : buku teks, buku panduan, buku pegangan  maupun monografi
       3. Buku Kompilasi contohnya : bunga rampai dan prosiding

Dilihat dari substansinya tidak ada perbedaan yang mencolok antara KTI dengan buku konversinya. Hanya pada sistematika penulisannya KTI menurut LIPI Nomor 2 Tahun 2014 merupakan tulisan hasil litbang dan/atau tinjauan, ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis yang dituangkan oleh perseorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah ilmiah. sedangkan buku penulisannya lebih  luwes tidak terlalu terikat oleh sistematika dan bisa lebih mudah difahami oleh semua kalangan. 
 Sekarang bagaimana kita akan mengkonversi KTI menjadi buku?
ada beberapa hal yang kita perhatikan
a. Mengkonversi / memodifikasi judul
    Judul buku diupayakan semenarik mungkin dengan kata yang mudah difahami dan mencerminkan isi      buku sehingga orang akan penasaran untuk mengetahui isi buku tersebut.
b. Mengubah bab Pendahuluan
    Pada langkah ini bagaimana menngubah latar belakang dalam naskah laporan asli dengan                        menambahkan dengan info dan femomena terkini yang terkait dengan isi KTI. Bagaimana                         menonjolkan isi buku sehingga orang akan tertarik untuk membacanya.
c.  Bab 3 dihilangkan dan bab 4 dpakai sebagai pendukung idi buku.
d.  Bab 5 sebagi penutup.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat mengkonversi KTI menjadi buku.
     1. mengutamakan keaslian hasil penelitian
     2. Memilih dan memilah data yang akan dipublikasikan
     3. Memodifikasi bahasa dalam penulisan buku agar terasa tidak kaku slah satunya dengan cara                      menghindari pemakaian penanda transisi
     4.  Menghindari kutipan berantai
     5. Jangan lupa menuliskan sumber / daftar pustaka

Jika kita mengingkan buku kita utuk dinilai sesuai ketentuan Buku 4 PKB maka jangan lupa memperhatikan kaidah penyusunan buku ber ISBN. 

Semangat menulis semoga akan lahir karya karya yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.




Lombok Timur, 19012023



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UPAYA MENERBITKAN BUKU

 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI Gelombang               : 28 Pertemuan ke            : 30 Tema                         : Upaya Penerbi...